Bukan sekedar bicara hukum secara normatif saja namun dilihat berbagai sudut pandang dengan segala pengalaman dan cerita.....UNTUK SARAN,PENGADUAN,KONFIRMASI,KLARIFIKASI,KONSULTASI SILAHKAN WA/LINE/SMS :0813 9080 6999

Kamis, 21 Mei 2015

Mengenal Flora yang dilindungi di Indonesia

Dengan kita mengenal flora yang dilindungi di Indonesia kita akan lebih bisa melestarikan dengan membiarkan flora tersebut tumbuh kembang dengan tidak melakukan pelanggaran hukum mengambil dan memanfaatkan tanpa izin resmi.

Berikut dipaparkan  berdasarkan PP No. 7 Tahun 1999.

1. Anggrek Hitam / Coelogyne pandurata
Gambar Anggrek Hitam
Anggrek hitam adalah salah satu flora Indonesia yang hampir punah di habitat aslinya. Populasi tanaman ini di habitat aslinya di propinsi Kalimantan Timur, semakin langka karena banyak diburu untuk dijual ke para kolektor anggrek. Selain tumbuh liar di Kalimantan jenis anggrek ini juga tumbuh liar di Sumatera, Mindanao dan Semenanjung Malaya, Pulau Samar Filipina dan Pulau Luzon.

2. Anggrek Larat / Dendrobium phalaenopsis fitzg
Gambar Bunga Anggrek Larat
Anggrek larat merupakan flora yang dilindungi, habitatnya di propinsi Maluku karena ditemukannya di pulau Larat, Tanimbar, Maluku maka dinamakannya Angrek larat. Tanaman ini tumbuh pada karang-karang kapur dan pohon-pohon yang mendapat sinar matahari yang cukup.

3. Bunga Sedap Malam / Polyanthus tuberosa
Gambar Bunga Sedap Malam
Bunga sedap malam adalah salah satu flora yang di lindungi di Indonesia, tanaman ini merupakan flora yang termasuk tanaman berumbi dengan tinggi 0,5-1,4M. Tanaman hias ini asalnya dari Mexico.

4.  Eboni / Diospyros celebica bakh
Gambar Pohon Eboni
Eboni atau dengan nama lain yaitu kayu hitam. Kayu ini tergolong kayu yang kuat dan juga awet, sehingga bernilai ekonomi tinggi. Populasi kayu hitam ini semakin berkurang karena ekspoitasi yang berlebihan yang menyebabkan keberadaanya semakin langka. Eboni ini merupakan flora andemik Sulawesi

5. Padma Raksasa / Rafflesia arnoldi
Bunga Unik Raflesia Arnolid, Padma Raksasa, Bunga Bangkai
Bunga raflesia merupakan flora Indonesia yang di lindungi pemerintah karena kelangkaannya terlebih lagi orang banyak mengambil putik bunga yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional, ini merupakan salah satu ancaman bagi pertumbuhan pupulasinya. Bunga ini disebut juga bunga bangkai karena pada waktu mekar mengeluarkan bau busuk. Habitat bunga padma raksasa atau raflesia ini tersebar di hutan pegunungan Jawa Barat, sepanjang pantai selatan Jawa barat dan Jawa Tengah, Pulau Sumatera dan hutan dataran rendah Taman Nasional Meru Betiri

6. Pisang-pisang, Pulut-pulut / Kandelia candel (L) Druce
Gambar Flora Pisang-pisang, Pulut-pulut
Tanaman flora Pisang-pisang, atau Pulut-pulut (Kandelia candel (L) Druce) adalah flora yang termasuk dalam daftar flora yang di lindungi pemerintah Indonesia. Habitatnya tersebar di Timur Laut Sumatera, Kalimantan Barat dan Utara. India, Burma, Thailand, Indo Cina, Cina, Taiwan, Jepang Selatan dan Malaysia.


STOP PELANGGARAN HUKUM dan MARI KITA LESTARIKAN BERSAMA !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar